skip to Main Content
Tips Mengurangi Kebisingan Kabin Mobil

Tips Mengurangi Kebisingan Kabin Mobil

Beberapa pemilik kendaraan, khususnya kendaraan jenis Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah kerap merasa terganggu dengan kondisi kabin yang bising atau kurang senyap. Hal ini memang dapat dimaklumi karena mobil LCGC didesain untuk dapat menekan harga produksi, serta mengefisiensikan konsumsi bahan bakar. Peredam kabin cenderung menambah berat kendaraan.

Meski usaha untuk menekan harga tersebut dapat dimaklumi, namun kabin yang bising tentu cukup mengganggu. Tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tak jarang penumpang juga kesulitan saat akan berbincang-bincang dalam perjalanan. Atas alasan tersebut maka sekarang banyak toko aksesoris kendaraan yang kemudian memberikan solusi mudah untuk membuat kabin lebih senyap, yaitu dengan memasang peredam aftermarket.

Untuk memasang peredam kabin yang banyak dijual di pasaran, disarankan untuk memilih bahan dari material aspal dan karet. Hal ini karena kedua bahan tersebut lebih ampuh dalam meredam suara, serta dapat dengan mudah dibentuk untuk mengikuti bagian-bagian dalam mobil. Jika memakai bahan dari aspal, biasanya beberapa toko aksesoris akan menambahkan lapisan karpet tipis lagi. Hal ini bertujuan untuk menutupi aspal tersebut agar tidak langsung bersentuhan dengan karpet asli bawaan mobil.

Bagian-bagian dalam mobil yang sebaiknya diberi peredam bisa dibilang adalah seluruh kabin mobil. Hal ini mulai dari pintu mobil untuk mengurangi suara kendaraan dari samping, lantai mobil untuk mengurangi suara kebisingan roda atau pasir yang mental mengenai dek, dan atap mobil untuk mengurangi suara tetesan air saat hujan turun. Untuk menambah senyap, mengganti karet pintu dengan model balon sangat dianjurkan. Meski lebih rentan sobek, namun karet pintu model balon ini lebih mampu meredam suara dibandingkan karet bawaan yang cenderung tipis.

Untuk lama pemasangan, biasanya tergantung dari toko aksesoris itu sendiri. Paling cepat pengerjaan adalah satu hari penuh. Hal ini karena dalam proses pengerjaannya, seluruh isi kabin akan dilepas dan dibersihkan. Dengan demikian, pemasangan peredam akan lebih merata serta lem akan dapat merekat lebih kuat.

Untuk harga atau biaya yang harus dikeluarkan tentu sangat beragam. Hal ini tergantung dengan material yang digunakan dan tempat pemasangan peredam tersebut. Namun kisaran harganya antara 2 hingga 4 jutaan untuk pemasangan full peredam. Tapi harga ini bukanlah patokan yang mutlak. Ini dikarenakan banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih untuk memasang peredam pada bagian-bagian tertentu saja. Jika memilih panel-panel tertentu saja, maka harga yang dikenakan menghitung jumlah material yang digunakan pula. Untuk hitungan kasarnya, setiap lembar aspal dengan ukuran 40cm x 60cm dijual seharga 80 ribu hingga 100 ribuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top